Cara Downgrade Rom MIUI 9 ke MIUI 8



Cara Downgrade MIUI 9 Ke MIUI 8


cara mengembalikan MIUI 9 ke MIUI 8
GADGETREN – MIUI 9 versi stabil global telah resmi dirilis oleh Xiaomi dan sudah bisa untuk dilakukan pembaruan ke sebagian perangkat. Namun, terkadang ada yang kurang suka dengan versi terbaru ini karena beberapa hal dan ingin mengembalikan MIUI 9 ke MIUI 8.
Proses ini paling lazim digunakan dengan metode flash ulang perangkat kamu agar bisa downgrade dari MIUI 9 ke MIUI 8 atau vers lainnya seperti pada perangkat Android, hanya beda Tools saja. Jadi sebaiknya kamu memindahkan seluruh data penting ke tempat lain terlebih dahulu karena perangkat akan kembali bersih seperti melakukan reset.
Untuk cara mengembalikan MIUI 9 ke MIUI 8 atau ke versi lama lainnya sebenarnya sama saja dengan melakukan upgrade. Ada dua metode yang dapat dilakukan, yakni Updater dan Fastboot. Cara Updater dengan file.zip memang lebih mudah karena bisa dilakukan tanpa PC atau laptop sekalipun. Sedangkan untuk Fastboot lebih minim masalah, tetapi mempunyai proses yang lebih rumit dan beresiko.

Cara Ini berlaku untuk semua type HP Xiaomi. Cara ini juga berlaku untuk Downgrade Rom MIUI 8 ke MIUI 7, serta MIUI 7 ke MIUI 6, dst.
Berikut cara downgrade MIUI 9 ke 8 yang bisa dilakukan tanpa PC atau melalui Fastboot yang lebih bagus.

Cara Downgrade MIUI 9 ke 8 Tanpa PC Lewat Updater

  1. Download versi MIUI ROM 8 dengan format .zip di halaman resmi Xiaomi ini. Pastikan sesuai dengan perangkat kamu, jangan sampai salah karena malah akan membuat error
    Downgrade MIUI Xiaomi Mi 4i ROM
    (klik untuk perbesar)
  2. Pindahkan file miui_.zip yang telah kamu download ke folder “downloaded_rom” di penyimpanan internal
  3. Jalankan aplikasi Updater bawaan dari Xiaomi
  4. Klik lambah tiga titik pada bagian kanan atas lalu pilih menu Choose update package
    MIUI Downgrade Updater
    (klik untuk perbesar)
  5. Selanjutnya kamu pilih file MIUI ROM yang telah dipindahkan tadi
  6. Proses akan langsung berjalan dan perangkat Xiaomi kamu akan melakukan rebootdengan sendiri ketika sudah selesai
Cara ini tergolong cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, salah satu kekurangannya menggunakan metode ini itu terkadang muncul beberapa bug secara tiba-tiba yang bervariasi tiap perangkat. Oleh karena itu, selalu lakukan clear cache dan data setelah melakukan flashing.

Cara Mengembalikan MIUI 9 ke MIUI 8 dengan MiFlash Tool

  1. Pastikan perangkat Xiaomi kamu sudah unlock dikarenakan beberapa perangkat sudah langsung unlock (Cek halaman ini untuk cara mengetahuinya).
  2. Download MiFlash Tool di halaman resmi Xiaomi ini.
  3. Install MiFlash Tool lalu jalankan MiFlash.exe
  4. Download ROM MIUI dengan format .tgz yang kamu inginkan sesuai dengan model perangkat di halaman resmi Xiaomi ini atau bisa juga dari halaman ini jika tidak menemukan.
  5. Decompress ROM MIUI yang telah didownloadDograde MIUI ROM Flash Tool Decompress
  6. Setelah semua data telah siap, saatnya mulai untuk melakukan flash downgradeMIUI 9 ke MIUI 8.
  7. Masuk ke modus Fastboot denggan cara matikan perangkat lalu tekan dan tahan tombol Volume – dan Power secara bersamaan untuk beberapa saat.
  8. Hubungkan perangkat ke komputer atau laptop setelah logo Fasboot muncul.downgrade MIUI 8 ke MIUI 7 Fastboot logo
  9. Pada program MiFlash klik Refresh (kuning) agar perangkat terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan alamat ROM yang sebelumnya telah download (biru) dan klik Flash (merah) untuk memulai proses.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Flashing
  10. Tunggu hingga bar proses penuh dan muncul tulisan sukses (oranye).
  11. Perangkat akan otomatis Restart dan perangkat sudaah berubah versi MIUI.Downgrade MIUI ROM Flash Tool Progress
Metode Fastboot sebaiknya dilakukan oleh orang yang paham mengenai perangka smartphone sehingga bagi kamu yang ragu atau tidak terlalu mengerti sebaiknya tidak melakukan proses ini karena dapat menyebabkan perangkat brick jika salah dilakukan. Kalau memang yakin untuk melakukan cara downgrade MIUI 9 ke MIUI 8 ini dan siap menerima resiko jika terjadi sesuatu terhadap perangkat.
NB : Cara Ini Berlaku Untuk Semua Type HP Xiaomi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membaca Kembali Pesan WA Yang Sudah Dihapus